BORE Yaitu diameter Piston yang dipakainya.
BORE UP yaitu memepr besar diamater piston lebih dari maksimal standar pabrik / lebih dari OS 100 / lebih dari 1mm.
honda win memiliki spesifikasi bore 50mm dan stroke 49,5mm. meningkatkan performa honda win dapat dilakukan dengan cara bore up. pilihan piston juga lumayan berfariasi...
pilihan piston bisa menggunakan piston jupiter z 51mm, supra 125/kharisma/kirana 52,4mm, kaze 53mm, ZX 5mm3, blitz joy 56mm, edge 56mm, sonic / cs one 58mm.. yang semuanya memiliki pin piston 13mm.
Eit jangan asal pasang piston gede.. perlu penyesuaian lainya.. memperbesar diameter piston harus ada penyesuaian di liner dan di silinder head/ silinder cop, diamater porting dan besarnya klep harus menyesuaikan.. penggantian liner juga arus ada penyesuaian di lobang liner di Crankcase/ kalter.
LINER..
liner asli win berdiamater luar 54,2mm. diamater dalam 50. tebal liner 54,2-50= 4,2mm
batas aman liner yang tersisa adalah 2mm
berarti maksimal menggunakan piston 52,2 yang paling mendekati adalah jupiter z os 100 (52mm)
lebih dari itu disarankan mengganti liner.. penggantian liner juga harus memperbesar crankcase/ kalter..
diamater liner 56 bisa masuk ke kalter win dengan cara membubut tonjolan baut tusuk sate yang ada di cancrease.. di ratakan dan di bentuk lingkaran utuh..
batas maksimal liner 56 adalah piston 54 (kaze os 100)
liner 58 juga bisa masuk diamater maksimal adalah piston blits 56mm, tanpa menggeser baut tusuk sate. lebih dari 58 maka liner mentok dengan baut tusuk sate bagian atas.
liner 59 bisa masuk tanpa menggeser baut tusuk sate, akan tetapi jika menggunakan piston 57mm kompresi rawan bocor di baut tusuk sate bagian atas.. (mekso banget yo?) wkwkwk
jangan pesimis dulu, tanpa menggeser baut tusuk sate liner 61mm bisa masuk kok. caranya adalah menggeser lubang boring pada kalter ke bawah.. bergesernya liner ke bawah maka mengakibatkan kruk.as dalam keadaan off side.. (oponeh kui) wkwkwk
off side engine akan saya bahas di laman berikutnya( nek wis sempet lo) ^_^
dengan liner 61 maka maksimal piston berdiamater 59 ( cs one/sonic os 100)
semoga gambarnya jelas dan bisa di pahami, kalo kurang jelas tanya2 juga boleh kok, via fb via blogger..
Setelah menentukan diamater piston, selanjutnya menentukan diamater Klep.
ukuran diameter ideal kleep in (masuk) adalah : 45 s/d 50% dari Diameter Piston.
sedangkan untuk kleep ex (buang) adalah : 80 s/d 85% X diameter Kleep Masuk.
Rumus diatas merupakan penyederhanaan dari penghitungan yang lebih rumit, karena hasilnya mayoritas kurang lebih seperti itu.
Dalam rumusan buku Alexander Grahambel 4 Stroke Performance Tuning dikatakan bahwa jumlah diameter klep isap dan buang sebaiknya tidak melebihi diameter piston.
misal kita liat speksifikasi standar dari honda win,
Diamater piston : 50mm,
Diameter klep in : 21mm,
Diameter klep ex : 19mm
menurut pak alexander bila diamater klep di jumlahkan 21+19= 40mm (<50)
coba kita uraikan maka diamater in adalah klep in/bore X 100% maka 21/50 x 100% = 42 %
sedangkan diamater klep ex adalah klep ex/klep in X 100% maka 19/21 x 100% = 90 %
lho kok diameter klep ex kok gak ideal??
jangan khawatir,, ideal cuman buat patokan...
kita lihat spek diamater piston yang sama
legenda Diameter klep in : 23m Diameter klep ex : 20mm
mio Diameter klep in : 21mm Diameter klep ex : 19mm (sama dengan win)
beat Diameter klep in : 25,5mm Diameter klep ex : 21mm
nah beraneka ragam bukan???
Patokan lain jika mengingiknan top speed yang melimpah maka ukuran diamater in : 55-57% x diamater piston.
sebenarnya ukuran klep, porting, erat kaitanya dengan rasio kompresi.
tau kan rasio kompresi?? Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume langkah piston dibandingkan dengan volume ruang bakar saat piston pada posisi TMA.
misal CC win 100cc memiliki rasio kompresi 1:8,8
maka saat piston di TMA ruang bakar yang tersedia adalah sebesar 100/8,8= 11,36cc.
berarti rasio kompresi 11,36cc dibanding 100cc .disederhanakan menjadi 1 :8,8..
diamater porting dan ukuran klep yang terlampau besar harus di imbangi rasio kompresi yang cukup tinggi, agar tidak terjadi drop tenaga karena kurangnya kecepatan gas speed(kecepatan aliran campuran BBM yang mengalir dalam porting). rasio kompresi yang tinggi harus di imbangi dengan bahan bakar dengan oktan yang tinggi agar tidak terjadi knocking/detonasi yang bisa mengakibatkan piston berlubang, ring piston mudah aus, liner mudah aus,..
maka dari itu,dalam membangun sebuah mesin haruslah menentukan bahan bakar apa yang akan di gunakan, berapa cc yang di nginginkan, barulah kita mencari ukuran klep dan porting yang sesuai dengan kebutuhan.
kembali ke porting, ada rumus patokan yang di gunakan untuk menenetukan diamater porting, yaitu :
Diameter Port In = 80% x Diameter Klep In
Diameter Port Out = 80-100% x Diameter Klep Out
Rumus diatas merupakan penyederhanaan dari penghitungan yang lebih rumit, sekali lagi karena hasilnya mayoritas kurang lebih seperti itu.
kembali lagi ke piston ya????
njenengan : bolak balik ae ki pie to kang??
kulo : sabar mas namanya juga teori, ini lebih rumit dari ilmu praktek yang menggunakan riset untuk menemukan ubahan yang "pas". tentunya motor anda tidak mau jadi kelinci percobaan bukan? kalo jadi ya ndak apa2 kalo gagal?? yang pasti riset itu biayanya mahal,
jadi bengkel2 yang bonafit yang berongkos mahal itu karena MAHAL ILMUNYA, sparepartnya mungkin sama dengan yang lain, tapi ilmunya yang mahal mas,, sabar nggih.. sukur2 mereka mau berbagi ilmu kepada kita.. AMIN..
piston... kompresi yang di hasilkan tentu akan meningkat jika kita tidak merubah deck clearance(jarak piston sengan ujung boring tetap sama atau malah lebih nongol karena menggunakan piston yang lebih jenong). nah, banyak orang yang memiliki asumsi tersendiri2 mengenai kompresi jika menggunakan piston blabla lebih tinggi kompresinya dengan piston ewek ewke.. maka dari itu saya meneliti dengan mengukur jarak pen piston terluar dengan tutup/atap piston atau apalah istilahnya
saya mengukur piston yang saya punya dengan penggaris, mungkin kurang akurat..
diamater piston standar win 50mm
jarak pen luar ke tutup 12mm
jarak pen luar A ke pantat piston 31,5mm
jarak antara ring terluar 8mm
diamater piston standar jupiter z 110cc 51mm asli yamaha bobot piston berat
jarak pen luar ke tutup 13mm ada coakan klep dikit
jarak pen luar A ke pantat piston 25mm
jarak antara ring terluar (lali ra ketulis mas)
diamater piston standar cino 120cc 52,4mm bobot piston ringan
jarak pen luar ke tutup 12mm
jarak pen luar A ke pantat piston 24mm
jarak antara ring terluar 8mm
diamater piston standar kaze 53mm bobot piston Asli mirip NPP lumayan berat, lebih berat merek ENR
jarak pen luar ke tutup 12mm + dome(jenong) 2mm + ada coakan klep lumayan dalam
jarak pen luar A ke pantat piston 31mm
jarak antara ring terluar 8mm
diamater piston standar supra 125cc 52,4mm (kode KPHF) asli bobot piston ringan sekali
jarak pen luar ke tutup 13mm tengah cekung sedalam 2mm
jarak pen luar A ke pantat piston 25mm
jarak antara ring terluar 7,5mm
setelah di bore up. maka CC honda win akan bertambah.
rumus menghitung cc sama dengan rumus mengukur volum tabung, karena volume silinder di dalam mesin berbebtuk tabung..
1.CC = 3,14 x jari2 piston x jari2 piston x stroke. atau
2.CC = 3,14 x diamater piston x diameter piston x stroke/ 4.
misal standar honda win maka menggunakan rumus 1
CC= 3,14 x 2,5cm x 2,5cm x 4,95cm = 97,143
bila ingin menghitung dalam mm maka
CC= 3,14x 25x25x49,5/1000= 97,143 atau
3.CC= 3,14x bore x bore x stroke/4000 maka
CC= 3,14x 50 x 50 x 49,5/ 4000 =97,143.
saya sering menggunakan rumus ke 3. lebih simpel karena yang kita ketahui adalah diameter piston, bila menggunakan rumus pertama kedua kita harus menentukan jari2 piston (diamater dibagi 2)
langkah selanjutnya jika pengen lebih kenceng lagi bis menggunakan cara stroke up. nih link nya http://ismusukmonegoro.blogspot.com/2013/04/stroke-up-honda-win.html kritik dan saran anda sangat saya harapkan..
untuk menambah ilmu tentang honda win, yang dapat di manfaatkan oleh banyak orang..
salam satu aspal ISMU SUKMO NEGORO.. ^_^
Omm mau nnya nii..
ReplyDeleteMotor ane vega r 2005..
Blok seher milik jupiter z,piston jupi os 100..
Kalo mau ganti pake as kruk zr,penyesuaian apa aja.??
Bubut as aja biar sesuai dng bearing yg lama
DeleteMotor saya setelah saya bore up kog oli jadi gk bisa maksimal ngelumasin nokenya ya mas,jadi sering baret nokenya,padaHal di jalur oli udah naik banyak tapi gk nyiprat di stelan klep in,gimanasolusinya mas,udah saya cek gk ada kotoran yang nyumbat...trimakasih
DeleteMin ane mau Tanya motor ane c70 biar enak piston nya pake APA ya?
DeleteBos saya mau nanya, kalo Supra pakai piston Vario 125 itu harus di colter berapa? Dan perlu nga noken di papas biar lebih enak lagi tarikan nya?
DeleteMas mau nnya,klo supra fit 100 ubah 125 piston apa yaa yg awet dan apa saja rubahanny massnn
Deletesepengalaman ane sekarang,motor supra fit new 2006 100cc di bore up pake piston vario 125 (52,4) boring sisa 1mm,,ya baru seminggu sih ane juga masih ngerayen blom betot betot,klo mau tetep awet boring segini ya rajin aja ganti olinya,jangan sampe telat kalo ga fatal
DeleteSekarang masih aman bang pake 52,4?
Deletemas mau nanya nih, motor saya supra 100cc mau pake piston kaze os100 tpi masih mau pake klep stantardnya supra, apakah sesuai.??
ReplyDeleteBisa cmn wajib gnty boring
DeleteKalo liner 60mm apa harus menggeser lubang boring??
ReplyDeleteIa pasti
DeleteKalo umpama pake boring karisma/supra 125, masih aman mas tanpa menggeser lubang boring?
DeleteMas mau nnya, motorq astrea prima. Stelah di ganti piston jupiter z mesin terasa panas, apa ya yang harus di benerin? Terima kasih.
ReplyDeleteYg harus d bnerin cek oli dulu yg recomded biasanya oli yg sae.nya 10-40w yg khusus buat pnas brlrbih
DeletePnas brlbhnya trjdi krn kmpresi yg naik dan bisa trjdi juga krn suplay bhn bkr yg blm d sesuaikn dng kmpresi ruang bkr yg baru
Mas mau nanya, motor saya astrea legenda kalo mau saya ganti piston kaze os yg enak enak berapa ya....?
ReplyDeleteKlo boringya stndrt ya hrus cri bngkrl bubut yg pngalaman krn piston kaze ukurannya 53mm sdngkn boringnya stndrt ukuran 53.8mm jd pastinya sisa boring setipis silet rawan kmpresi bcor dan pcah tp klo tukang bubutnya brni dn pngalamn tinggi bisa jamin ya gpp tp spngalam saya sih g prnh bisa mas udh sering trjdi di bngkel juga baiknya gnty dulu boring pkek pny krisma atau spra 125
Deletemas mau nanya kalo grand ganti piston sonik klep std noken std enk engk dan ganti boring ap
DeleteKalo di bilang kurang maksimal kalo noken nya std kalo boring pake ukuran 61
Deletemas mau tanya kalau motor saya astrea gren mau saya kasih piston blit joy ov 100 apakah bisa + apakah harus mengeser tusuk satenya . . makasih
ReplyDeleteBlit joy klo ov 100 sma sprti kze gan
Deleteom mau tanya, supra fit new saya pake klep sonic dan seher pake yg sonic jg
ReplyDeleteberapa ukuran untuk menseting piano klepnya ok
blok kopnya pa harus dirubah
ReplyDeleteYa
Deletegrand pakai piston 125...cocok nya pakai klep motor apa ya mas
ReplyDeletegrand pakai piston 125...cocok nya pakai klep motor apa ya mas
ReplyDeletePkek klepnya absolut revo mas tp hrus ptong biasanya
DeleteMas, prima ku pake piston fim 53,5 klep smash paking ori prima, ada suara tek tek tek, apa kegedean kompresi ya, gmn solusinya
ReplyDeleteBisa trjdi krn bhn bkar yg d pkai oktannya terlalu rendah bisa juga trjadi krn sudut klep yg blm d rubah ataupun klepnya bisa juga nabrak kpla piston jd harus bner2 d cari dulu sbabnya
DeleteKira2 memperbesar lubang kalter byar berapa gan
ReplyDeleteDi sini skrng calter cuman 40rb doang
DeleteGan,supra 100 sudah pakai kaze os 100,kalau pake klep sonix bisa gak,?
ReplyDeleteBisa gan cmn harus di sudutin ulang
DeleteOm klo geser boring ke bawah ,nah ruang bakar d blok kopnya gmn om ?d sudut ulang klepnya jg atau bisa cuma d profil ulang nyamain posisi lobang boring? Mohon pencerahannya om,,terimakasih
ReplyDeletepkek stndartnya bisa tp tergntung tukng bubutnya juga nuruninnya bnyak apa gak klo kbnyakn ya otomatis nyudutin ulang klepnya
DeleteOke om.. Terimakasih infonya
DeleteBang kalau astrea star,isi 56 stroke up 2mm cc jadi berapa ya?
ReplyDeleteMaaf pemula
Ikut klas 125cc
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBang mau nanya.. Motor saya kan grand mesin masih standar cuma blok kopling doang udah pake blok kopling manual.. Saya mau nanya bang kalau misalkan motor saya mau pake piston KZ itu bore up sampai selesai kira kira abis berapa yah klep pengen standar??
ReplyDeleteKlo pkek kaze tp boringnya masih stndr pasti riskan pecah krn sisanya cma 1.5mm doang mnding klo mw cari aman dn enk buat harian ya mnding gnti boring juga
DeleteBang mau nanya motor Supra 100cc pengen bore up enak nya pake piston ukuran berapa dan klep nya pake punya apa ? tapi yg aman buat harian
ReplyDeleteTerimakasih 😀
Pkek piston ori ovr 100 klo yg dome.nya lbh tinggi bisa pkek piston yg merek fim atau pkek piston jupiter ovr 100
DeleteInfo gan saya pake supra 100cc,
ReplyDeletePake piston kaze ov100 klep 26/23(sonic) kirakira itu mantep ga gan
Mantep aja bang slama yg pkek jiwa muda :)
DeleteKopnya a ke apa bang?
DeleteInfo gan grand saya piston 54 kop bangau standart klu di gas spontan kok ada suara tek tek,solusinya gmn gan?
ReplyDeletePkek packing doble krn itu natap bang klep sama piston.nya
DeleteKalau boreup piston 54.5 bisa kah bang tanpa rubah tusuk sate.dan linernya 56.5.timakasih
ReplyDeleteGk bsa om klo linernya segitu tnp ubah sunduk sate
DeleteMotor legenda pengen ganti boring enak nya pake boring apa?
DeleteDan klep pake apa?
Buat harian
Gan astrea grand ane mau ganti piston jupiter sama2 ukuran 50mm perlu di calter gk sih..?
ReplyDeleteGak tp packing head.nya pkek yg kertas biar bisa lbh baik kompresinya
DeleteMau over size 25/50 piston supra fit lama hrus ganti apa aja? 🙏🙏
ReplyDeleteKlo mau oversize 25/50 piston supra fit lama hrus ganti apa aja?
ReplyDeleteBeli piston set aja yg ov 25
DeleteKira2 spek 59 full berapa CC ya huu?
ReplyDeleteTergantung ukuran klepnya dn juga langkah/stroke yg d pkek brp
DeleteMotor ane suprafit kalo mau ganti setang seher pakai punya grand bisa nambah tenaga GK y? Mksh
ReplyDeleteGk bsa nmbah lah krn lngkahnya lbh pndek kecuali klo kompresinya d naikin pula pling gak pkek piston yg dome.nya lbh tinggi bru naik
DeleteBg klau grand pkek piston kaze ov 100 apa aja yg hrus di stel bg kmudian saya pakek klep shogun
ReplyDeleteMisi om saya pemula nih. Mau tanya... klo legenda mau ta naikin jadi 125 cc.
ReplyDeleteKira2 pake piston motor apa ya.
Klepnya jg pake punya motor apa..
Trus apa pen struknya jg mesti dirubah apa masih punya bawaannya
Terima kasih
Om saya mau nanya,,klo supra os 100 klep di ganti sonic dan seher di ganti blitz joy apa aja yang harus di rubah??
ReplyDeleteBoring standart prima kalo dimasukin piston 52,4 bahaya kompresi bocor nggak om??
ReplyDeleteAman om
DeleteGan mau tanya, motor mocin ktm saya pake piston daytona 55.5mm dome 5mm kelep setandard, porting in 23 ex 22 noken papas ,deksel papas 0.5,itu kira" berapa rasio komkompr nya gan
ReplyDeleteStroke setandard 50mm
ReplyDeleteOm. Sy punya motor honda grand. Mau ganti piston jupiter os 50. Kira2 mentok ngga itu d klepx om
ReplyDeleteAman
DeleteAman
DeleteAman
DeleteOm motor legenda saya udah ov 50 nau saya naikin jupi ov 100 apa perlu dikorter? Dan kira2 biayanya berapa? Terimakasih
ReplyDeleteKalau untuk harga beda" kalau di saya hanya 40.000
DeleteOm motor legenda saya udah ov 50 nau saya naikin jupi ov 100 apa perlu dikorter? Dan kira2 biayanya berapa? Terimakasih
ReplyDeleteBang punya saya grand standart trus akan saya ganti blokop supra fit enak nya buat harian rubah aapa saja bang+askruk saya buat standart grand apa bisa
ReplyDeleteTolong kasih pencerahan
Min misal klo mesin astrea grand ganti 125 masuk ngga ??
ReplyDeleteTdk bisa masuk krena beda bentuk lekukan dr body crankshaft dengan rangka mesin dr astrea
DeleteKlo pngen bisa ya ganti dudukan yg ke rangka itu dulu untuk penyesuaian
om motor saya supra fit udah pake jupe 100 mau naik lagi cocok pake apa
ReplyDeletePkek pny kaze r dri kawasaki atau blits joy dr kawasaki yg pnp murah dan berkualitas
DeleteMas.. Mau tanya,ko mesin astrea grand sya jdi ada suara ngeretek nya gitu yaa, saya pakai seher zupiter Z dan udh ganti daleman nya keseluruhan, apa emng bener klo suara korteran itu agak brisik ya??
ReplyDeleteTergantung dr bgian mana suaranya dulu
DeleteKrn bisa saya suara kreteknya itu dri klep yg bertabrakan dengan piston
Bg kalau supra fit ov150 enak ny ganti piston apa y?mohon pencerahan ny!
ReplyDeleteRecomended dr saya sih pkek piston merek fim klo budget plajar pkek yg merek npp bungkus kuning ijo itu krn enk doom/ kpala pistonya tinggi jd bisa request kompresi brp
DeleteMau tanya kalo motor grand mengunakan liner karisma ngak besarin lubang krengkes bisa gak ya??
ReplyDeleteBisa cuman outer dr boring atau linier jd sama dng ukuran boring asli
DeleteTp sama aja ktebalan dinding.nya smaa aja tipis sprt yg ori.nya nanti
Bang, mau tanya nih...!!!
ReplyDeleteKalau motor Supra 100Cc mau di bore up enaknya pakek piston apa yaa...??? Seklaian saran noken ama yg lain bang...!!!
Pakek pisnton orinya bang tp yg oversize 100 atau 150 tp yg dome/kpala pistonnya tinggi klo g gtu di las kepala pistonnya dengan las diral atau aluminium untuk kejar trget kompresi yg di inginkan
DeleteKalo noken as cri yg profil kurus tinggi saja krn enk nafasnya pnjang buat harian juga enk
Kalo std grand di kasih seher karisma bisa nggak ya
ReplyDeletePunya ku gitu...standart legenda...lalu over size 100 gua ganti sekalian seher karisma...tp sama aja......apanya ya yang kurang?????
DeleteBisa cumn tinggi dome/ kepala piston.nya terlalu rendah dr pen jd tekanan kompresinya berkurang bang
DeleteSaran sya di las diral atas.nya nanti sekalian du buatin coakan buat rumah klepnya jd kompresinya bisa naik
kalo supra fit pake piston 53 aman gak?
ReplyDeleteAman kalau sudah ganti boring bang
Deletebang mau nanya saya punya kop grand isi klep sonic., paling kecil di kasih piston diameter brapa ya? terima kasih sebelumnya
ReplyDelete53mm
DeleteOm motor saya grand,mau pake piston vario 125,apa aja yg harus di stel yaa?trs klep dan booring nya gimana,bisa masuk apa ngga ya om,sarannya yg tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak,makasihh
DeleteBang mau nanya motor astrea mau bore up impian 125cc cocoknya pake piston apa dan untuk klepnya pake apa bang
ReplyDeleteSekalian lanjtan di atas
ReplyDeleteApakah harus ganti boring??
Klo mau ikut klas 125 pastinya bisa ganti boring bisa tdk tergantung berapa langkah askruk yg di pkai klo mw stndartan otomatis wajib gnti boring juga
DeleteMas c70 saya basik honda star na ini udah stroke up 6mm langkah 61 piston 54 kaze ov 100 ini mau rubah klep nya kira" yang cocok pakek apa templar udah roller noken custom karbu idah ane siapin pwk 28
ReplyDeleteKlep pny sonic old gan enk lbh pnjng juga
DeleteUntuk motor legenda 2 ....enaknya pake in out klep uk brapa dan pake piston apa
ReplyDeleteTergantung keinganannya dulu motornya mau d pkek gmn mw d pkek harian atau gmn dulu baru kitaa bisa tau
DeleteKlau semisal grand saya pakai jupi 100 trus tanpa ganti klep dan tanpa porting cop apakah hal tersebut bisa dilakukan?
ReplyDeleteBisa
DeleteBang motor saya kan supra fit 2006,,udah pakek kaze setandart,noken standart keprasan,klep setandart,,klok mau pakek kaze OS 200 liner nya harus diganti pakek apa,dan klep nya pakek apa,,terimakasih
ReplyDeletePkek pny sonic atau custom atau klo gk gtu bisa request ukuran boring yg 55
DeleteBang Saya Ada Supra x Mau Saya Bikin Piston 57/58 punya Sonic atau vs 1
DeleteItu kira kira apa aja diganti
Dan itu haruskah besarin crankcase atau geser tusuk sate ?
Bang kalo astrea grand mau pakek seker Jupiter biar nggk ngrubah di boringnya cocoknya pake yang oversize berapa bang.?
ReplyDeleteTerima kasih
Tergantung yg sdh trpasng skrng sekernya sdh ov apa msih blm
DeleteKlo sdh ov 100 brrty sama kyg jupi ov 0
Mas motor saya Supra fit. Udh di kortet ukuran jupitJu z oz150
ReplyDeleteTpi ingin ganti seher yg lain!! Kira² hrs ganti seher motor apa ya mas
Mas motor saya Supra fit. Udh di korter ukuran Seker Jupiter z oz150.
ReplyDeleteTpi ingin ganti seker yg lain!! Kira² hrs ganti seker motor apa biar sama dengan ukuran korter nya
Bg motor saya Supra x lama
ReplyDeleteMau saya bikin piston 58 kira kira itu bisa ka?
Itu make liner boring apa bg ?
om mau nanya motor saya grand jika pistonya saya ganti vario 125 ngrubah apa aja terimakasih
ReplyDeleteom mau nanya motor saya grand jika pistonya saya ganti vario 125 ngrubah apa aja terimakasih
ReplyDeleteboring kaze kalau di isi piston 54,5mm aman gak ?
ReplyDeleteGrand pake sker jupi 100 crangkes di coak gak bang,sama boring di gedein gak soalnya sekarang pake seker grand oversize 100?
ReplyDeleteBang motor ane Supra x 100 saya pakai piston Vario 125 std... Kira2 jadi berapa CC kenaikan nya
ReplyDeleteBang motor ane nih supra fit 100cc ane mau pakein piston Jupiter z oversize 100, masih aman ngk bg? Dan bisa stabil ngk klau klep sama konen as masih standar. Acc Acc om
ReplyDeleteBang mau nanya, kalau astrea grand ganti piston jupiter z ov100, menggunakan liner bawaan, apakah aman??
ReplyDeleteBang. Motorku make klep shogun 110. Klo pake piston jupiter z os 110 enak gak
ReplyDeleteMotot star ganti boring bangau,kruk as pakai satar di stoke up apa bisa?,piston 52.
ReplyDeletebang motor ku revo 100 kalau pakai piston sonic pakai liner kz apakah aman ?
ReplyDeleteMav gan mau tanya klo motorku aku kasih piston 56 tapi klep sama noken standart apakah tidak pengaruh gan
ReplyDeleteBang Motorku Astrea Grand kalo mau ganti seher ov50 berapa diameter boringnya ya?
ReplyDeleteBang Motorku Astrea Grand kalo mau ganti seher ov50 berapa diameter boringnya ya?
ReplyDeleteTrimakasih bosku.. atas prncerahanya..😊🙏
ReplyDeleteKlep kaze di kasih piston jupiter os 50 enak gak bang
DeleteMau tanya kalo boring suprafit di kasih seker blitzjoy liner luar pake diameter berapa ya?
ReplyDeleteMau tanya kalo boring suprafit di kasih seker blitzjoy liner luar pake diameter berapa ya?
ReplyDeleteom mau nanya nih.
ReplyDeletekalo Supra fit 110 ganti piston blizt joy dan naik stroke 7mm.kira² mentok bandul gak yah?
Mentok om mnding di papras kaki pistonnya biar g smpek nbrak ke askruk yg sdh over stroke
DeleteOm mau nanya grand ku pakai piston 52,4 enak nya pakai klep apa ya tolong jawab om
ReplyDeletePkek absolut revo untuk mngejar lift yg tinggi
DeleteMas kalau legenda pakai piston blits joy ganti liner punya apa?
ReplyDeletePkek supra 125 bisa
DeleteKak... Punyaku mesin grand pake piston Jupiter ov100 karbu pe26 std porting kk larinya jadi berat ya... Itu kurang apa ya kak?... Maaf pemula
ReplyDeleteRepairkitnya di gnty krn pe 26 setingan bawaannya minim buat kpasitas msin boreup astrea c seris 135cc ke atas
DeleteBang kalo piston 53,5 liner 56mm itu harus bubut crankshaft gk bang
ReplyDeleteGk hrus krn sisa linier masih aman untuk semi harian asalkan kompresi msih d 11:1 ke bwah jng smpai d atas itu untuk ketahanan linier ketika d gas poll
DeleteMinta no wa.. untuk konsultasi
ReplyDelete083831245362 monggo fast respond di no wa kerj saya yg di rental mbil atau subscribe chanel saya di bekecot garage chanel youtube saya
DeleteMas mau nanya soal menggeser lubang kalter ke bawah di samakan jarak antara baut tusuk sate itu apa gak ada resikonya ???
ReplyDeleteAda jika ketebaln nya gk d timbahi atau tdk di kuati maka rawan ambrol ataupun ngerembes olinya
DeleteMau tnya misal motor saya Supra thn 2002 mau saya ganti pakai piston Vario 150 bisa ap
ReplyDeleteMau tnya misal motor saya Supra thn 2002 mau saya ganti pakai piston Vario 150 bisa ap
ReplyDeleteSetahu saya piston vrio 150 ov 50 diametrnya hmpir sama dengan piston jupiter ov 100 jd masih bisa
DeleteMin ane mau Tanya motor ane c70 biar enak piston nya pake apa ya?
ReplyDeleteTergantung pngennya kyg gmn dulu klo mw d pkek hrian ya mnding piston ori cuma d naikin kompresinya aja
DeleteMas, kalau boring hitam ganti liner karisma/supra 125 masuk atau riskan kebocoran gak?
ReplyDeleteIzin Tanya Mas Kalok Astrea Legenda diganti Piston Jupiter Z Diameter 55 aman ngak?
ReplyDeleteAman
DeleteMau tanya mas, punya saya honda c86. Kalau mau pake seker jupiter penyesuaian nya apa saja ya ?
ReplyDeleteTerimakasih
Di hitung dulu jarak antra dudukan sate atau dudukan baut as blok cop nya jika nemungkinkan untuk masuk piston jupiter maka pastinya gnty boring dulu untuk pnyesuan linier piston sisa d boreup
DeleteMas mau nanya motor saya astrea mau ganti piston,,piston yang cocok untuk harian tapi performa motor makin mantap pake piston apa
ReplyDeletePiston ori legenda yg ov 100
DeletePecinta honda cseries bikin grupp wa aja ...terima kasih
ReplyDeleteIni spertinya perlu di pertimbngkan krn sya jg jarang bukak blog dan jwb pertnyaan kalian slow respond krn bnyknya tugas2 dn perkerjaan di bngkel maupun di usaha rental mbil saya juga
DeleteMas mau nanya liner legenda pake piston Jupiter z ov100 aman apakah aman buat harian?
ReplyDeleteMasih aman kok saya sndri juga ada supra fit saya yg saya seting sprti itu
DeleteOm punya motor saya legenda pakai piston karisma os 100 klep standat karbu nya standat kurang bertenaga gmna solusi nya
ReplyDeletePiston di las diral atasnya buat ngejr dom atau tekanan kompresi yg lebih tinggi tp jng lupa buat cek kmps kopling sekalian pernya jika memang sudah lembek tinggal di ganti saja dulu
Deletebang.kalo gren pke piston jupiter ov25 aman gak buat harian?
ReplyDeleteAssalamualaikum bang mau nanya kalo buring besi grand pake piston supra 125 tanpa ganti liner aman gak?
ReplyDeleteKira" klep in/ex yg cocok ukuran berapa?
Bang ane mau nanya untuk supra lama keluaran 2001 mentok untuk bore up nye berapa mm ya?
ReplyDeleteLek kaji NK Supra lama seher Kaze klep Shogun 110 ccne nambah piro
ReplyDeleteBang saya minta masukannya nih saya punya supra x lama pengen di bikin 125 harian yang harus di ganti apa aja bang
ReplyDeleteHh
ReplyDeleteMotor saya grand mas pake seker kaze dan karbu kharisma tapi kok pas digas dikit udah minta tambah presnel aja bang gimana sokusinya
ReplyDeleteBg motor saya supra fit seher std pake piston ukuran 52mm bisa ngk
ReplyDeleteBG liner std Astrea grand pake piston Jupiter z OS 100 aman gak buat harian?
ReplyDeleteBang motor grand saya udh OS 100 pake seher Jupiter z ...mau saya OS lgh ke 200 kira kira yg bagus pake seher apa bang??🙏
ReplyDeletebang motor grand saya mau saya isi Dm 55 bisa gak ya?
ReplyDeleteKalau blok grand dipasangin seher vario 125 ov 50 aman gak bang buat harian
ReplyDeleteMas mau nanya, ane kan ada niatan pgn beli bore up kit dari BRT yg buat supra 100,disitu tertulis ukuran blok piston dan pistonnya 53.4mm. Nah kira kira apakah harus bubut crankcase dari mesin supra 100?
ReplyDeleteSupra lama,, dh make seher Yupiter ov50,, rencana mau make Yupiter Z lg yg ov100. Kira2 aman nggk untuk harian
ReplyDeleteMas mau tanya..diameter krengkes astrea star itu berapa ya?
ReplyDeleteMas mau tanya...klo Supra standar porting pakai seher ukuran 53mm kira"peforma mesin gimana?juga pakai blok ukuran 53mm kira" bubut krengkes apa gx?
ReplyDelete