Pages

Tuesday, 4 March 2014

kohar minerva vx

bro agan agan kita sekarang tau pabrik minerva yang meluncurkan replika Honda CBR 150 di kelas 150 cc mya pada tahun 2007 an. nah sekarang karena capek dikatain plagiat dia luncurkan VX 150 pada tahun 2010 dengan Basis mesin sama seperti yang dulu yaitu Bore x Stroke = 61 x 49.5 (oversquare) dan short stroke yang berarti maen di RPM 12000 keatas. pada tahun 2010 Minerva 150 VX memenangkan anugrah dan Best Design of the year. wah emang pantes ya cantik banget

Tapi masih ada beberapa masalah dimana mesin masih terlalu kerasa getarannya jadi pada 2012 Minerva  Diupdate

 Ini dia Lampu depan masih Proyektor tapiiii dikasih LED jadi lebih tampil agresive. Masih Split Seat dan Spakbor masih model gantung. Ban Gambot dengan ukuran 130. pada sektor Muffler mendapat update dengan lebih modern dan futuristik. tapi ngapain bakalan ganti R9 juga kalo gw mah.
Mesin juga diganti dengan Karakter mesin SQUARE hampir. dengan Bore x Stroke = 57.3 x 57.8
yang berarti sama persis seperti Honda Megapro. nah sekarang jadi 149cc kalau dulu 147cc
Mesin sekarang mengeluarkan Tenaga Maksimum 14,8 ps/8000 rpm atau 10.8 kw /8000 RPM
Sedangkan dulu 13.5 ps / 9500 rpm. Torsi Naik kira kira 50% wah pasti tenaga ngelonjak. Torsi sekarang 15,8 nm / 6000 rpm atau 1.58 KGM/6000 RPM. sedangkan dulunya 10.5 Nm / 7000 rpm. wuiih mantep ya Gigi masih 5 dan sekarang kopling jarang selip. tapi bagi yang merasa belum puas dengan tenaganya dan mau mengalahkan Fu, MX, Tiger,CBR 150 gampang caranya. 


Dengan yang paling simpel sampai paling rumit kalo gak mau bore up dan lain lain.. juga bisa ngibas FU..

kalo untuk harian FU dan MX itu pake CDI Racing, Koil, lalu karburator 28mm dan final gear dientengin udah bisa ngibas FU masih kurang? juga gampang

nih buat harian masih aman pertama tama Bore up dan stroke up untuk menaikan kapasitas sillinder
untuk piston pakailah piston Tiger os 50 atau 64 mm diimbangin dengan stroke up geser big end +2mm
Bore x Stroke = 64 x 61.8 mesin jadi oversquare tapi gapapa....
Kapasitas melonjak jadi 198.71 atau 199 cc wuiih sama kayak Tiger hampir 200 cc. sehabis itu klep diganti pake punya tiger in 31.5 mm atau pake klep mobil yang klep nya 32 mm.
Tenaga 200 cc belum dimaksimalkan karena Porting Polish. nah minta porting besar trus di polish alus
dan porting nya Model Venturi atau mengecil di tengah supaya uap bensin muncrat deras

Cara kerjanya mirip saat kita pakai keran dan dikasih selang. jika kita tutup selang sedikit pakai jari apa yang terjadi? air akan muncrat dan deras alirannya. Model porting seperti ini biasa ditemukan di Kawasaki Z1000 lalu ducati monster WOW.
nah abis udah porting polish harus diimbangin dengan suplai udara dan bahan bakar yang pas dengan itu kita harus itung pakai rumus
Pertama cari RPM max aman piston
0.0618 x 2 x 11000 / 60 = 22.66 M/s
0.0618 x 2 x 10000 / 60 = 20.60 M/s
berarti power max kita patok di 10000 RPM
dimana 0.65 x Square dari (cc baru dalam liter x RPM max)
berarti 0.65 x Square(0.199*10000)= 28.99
berarti bisa adopsi karburator PE 28 di reamer +1mm tapi kalo gak direamer juga gapapa power masih gede. kalo pake Pe 28 gak di reamer berarti power max di........

kuadrat (28 / 0.65) / cc = 9200 RPM kira"
lumayanlah kalau bisa dipasang Dial jet jadi power tambah maknyoes
nah abis itu minta seting karburator PJ,MJ,Spuyer... kalo bisa pake Gas Spontan jadi bawanya gampang
Kompresi mesin yang dulunya 9.2 minta dipatok 10.5 pake Pertamax plus.. kenapa 10.5? karena rata" mesin sport itu kira kira 10.5 dan tidak terlalu panas jadi aman buat harian... kalo bisa pasang oil cooler punya satria FU kenapa satria fu? karena oil cool satria fu paling kecil dan gampang dipasang jadinya.
nah kalo masalah CDI percaya BRT lalu koil pake pabrik punya tapi COP ganti yang Tembaga. Busi pake tipe dingin. Masalah pembuangan percaya R9 atau Nob1. Per kopling diganjal 1 mm lalu minta setting
gear ratio dimana gigi 5 dan 4 tidak overdrive dan gigi 1 sampai 2 tidak standing kalau perfect shift.... nah power dijamin bisa 20 PS lebih bisa ngimbangin ninja 150 standart abis itu kalo mau lebih maknyos tambah penampilan pake footstep underbone dan setang jepit udah ini tinggal dibawa balapan Bremm Breeemmm CITTTTT jatoh....... Inget drive safely dan responsibly gapapa ngebut asal gak rame, ngebahayain orang lain misal lagi sepi....

2 comments:

  1. buset, copas gan? hahaha alay bner

    ReplyDelete
  2. Saya mau cari superpat nya susah baget.dimana iua biar lebih aman cari superpatnya

    ReplyDelete