Setelah mengaspal sejak akhir tahun lalu, saat ini kelebihan
dan kekurangan New Vixion Lightning dan CB150R sudah terang benderang.
Spesifikasi hasil klaim dari pabrikan dan realitas di jalanan pun sudah
terpampang, baik yang di publikasikan oleh Media, maupun Blogger yang
berkesempatan mencicipi duo sport kelas menengah ini.
Lalu setelah setahun berlalu (sekalipun desember kan tahun
lalu :P), bagaimana perimbangan keduanya di atas kertas dan di aspal jalan
raya?
Kalau untuk desain keduanya tentu tidak
perlu sampai test ride kita semua juga tahu kelebihan dan kekurangan keduanya.
Yamaha New Vixion hadir dengan wajah yang benar-benar baru dibanding Old Vixion.
Sementara CB150R justru sekilas mirip dengan Vixion generasi lawas. Body
keseluruhan keduanya cukup ramping, namun CB150R terlihat sedikit lebih besar.
Rangka Deltabox milik trah Vixion masih
dipertahankan, mesin yang terkesan menggantung berkesan tanpa penyangga membuatnya
terkesan ringkas dan sporty. Sementara CB150R justru melakukan inovasi dengan
menghadirkan rangka pipa yang berbentuk teralis, yang selama ini identik dengan
motor Ducati Monster.
Bagian wajah kedua motor ini sekilas mirip,
namun pada New Vixion bentuk lampu utamanya yang mirip Scorpio malah membuat
kesan wagu, mengurangi kesan sporty yang muncul. Sementara di sektor buritan,
tampak new vixion menonjolkan kesan meruncing khas motor batangan bergenre pure
sport, sementara lagi-lagi CB150R masih sangat mirip dengan Vixion generasi awal.
Kesimpulan: Desain keduanya sebenarnya
cukup berimbang, 11-12 lah. Tapi pendapat pribadi, Untuk bagian depan/muka
CB150R lebih unggul, sementara buritan Vixion lebih ciamik.
Di bagian ini keduanya mendapat beberapa
penilaian negatif, seperti model tutup tanki CB150R yang masih ‘jadul’, Posisi
Nopol Vixion yang menambah kesan aneh bagian headlamp, Kick starter minimalis
pada CB150R juga rumor berkarat pada rangka CB150R, wah rupanya lebih banyak
CB150R ya ‘cacat’ nya. :D
Tapi pada New Vixion cacat pada nopol yang
biasa disebut Fitur Koyo, ditebus dengan beberapa detail sempurna, seperti
ukuran ban yang tergolong besar, juga detail dashbord yang apik, bisa menyapa
pemiliknya lagi.
Untuk urusan Finishing dan detail, harus diakui
Yamaha new Vixion Lebih Unggul
3. Performance
Ketika spesifikasi keduanya belum diumbar
ke publik, saya sendiri sempat mengira New Vixion sangat sulit untuk
mengimbangi CB150R, mengingat kubikasi yang diusung keduanya sama persis tetapi
CB150R bertipe DOHC. Tapi rupanya Yamaha mampu menjawap tantangan Honda,
setelah spesifikasi keluar, terungkap bahwa power dan tordi keduanya terpaut
tipis saja. Power CB 150R 17PS @10.000 Rpm dengan torsi 13,1 Nm
@8000 Rpm, Sementara New Vixion diklaim
memiliki power 16.59PS @8500Rpm dan torsi 14,5 Nm @7500Rpm.
Tetapi spesifikasi versi
pabrikan tersebut bukan tenaga yang terukur on the wheel, untuk urusan yang
satu ini rupanya tenaga puncak yang dihasilkan oleh New Vixion sedikit lebih
baik dari CB150R. Setidaknya begitulah hasil dyno test yang dilakukan beberapa
bengkel independen dan dipublikasikan ke dunia maya. Diantaranya data dyno test
ultra speed menunjukkan power CB150R On the Wheel 14.02HP @10210 Rpm sementara New Vixion
justru lebih unggul dengan Power 14.32HP
@8224 Rpm.
Untuk urusan Handling keduanya mendapat
penilaian positif, masing-masing memiliki keunggulan. Sasis deltabox yang
terkenal mumpuni melibas tikungan
seperti yang dipakai Honda maupun Yamaha di motoGp tentu tak perlu diragukan
lagi. Sementara CB150R memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah
mengadopsi prolink.Sementara keduanya memiliki keistimewaan pada
suspensinya yang sudah mengadopsi prolink pada CB150R dan Monocross pada New
Vixion.
Untuk pengetesan di jalan raya rupanya
CB150r unggul tipis dari New Vixion, untuk berakselerasi maupun topspeed yang
mampu digapai. Sebagai informasi topspeed New Vixion yang di test oleh
motorplus adalah 132 kmh sementara CB150R mampu menggapai 135 kmh. tapi patut
dicatat kondisi motor dan biker saat melakukan test ride perlu dipertimbangkan,
apalagi New Vixion memakai ban yang lebih besar dari CB150R, so hasil tersebut
sepertinya masih sangat berimbang.
Dari hasil pengukuran yang dilakukan bang
Taufik TMCBlog, konsumsi bahan bakar New Vixion 50 Km/liter sedang CB150R 50,25
Km/liter. Wah, lagi-lagi sama baiknya. :D
5. Harga
Harga yang dibanderol AHM untuk CB150R sebesar Rp22.350.000,sementara New Vixion 50 ribu lebih mahal, Rp.22.400.000.
6. X Factor
Berbicara faktor X tentu akan sangat
subjektif sekali. Tapi setidaknya kedua produk ini memiliki setidaknya satu
faktor pemikat utama. Bagi CB150R tentu embel-embel turunan CBR150 Jadi daya
pikat utama, sedang untuk New Vixion, nama besar dan reputasi Vixion tentu
membuat tiap orang tidak meragukan produk Yamaha yang satu ini.
Selain keenam faktor tersebut tentu masih
banyak variabel lain yang turut menentukan kesuksesan keduanya, seperti
kemudahan modifikasi, resale value, sampai pilihan warna dan striping, nanti
kalau ada waktu lain kali disambung lagi lah. :D
Last, menurut anda yang mana lebih jos gandosss? :D
No comments:
Post a Comment