halo smw syukur kpd tuhan tlh menyertai kita slama ini..........
hari
ini sy ingin bhs tentang stroke up....... apa itu stroke up? stroke up
adalah penggeseran titik mati atas dan titik mati bawah sebuah kruk
as...... metode yang bisa dilakukan adalah dengan pen stroker atau di
geser pakai tukang bubut...... nah seperti entri sblmnya stroke up
menaikan kapasitas silinder mesin...... jadi secara logika rumus mencari
venturi karburator yang bergantung pada cc mesin berarti venturi
karburator digedein dong abis stroke up? eit jangan buru buru
dulu....... kita tes
kita lihat satria fu sebagai contoh dengan borestroke 62x48.8 mm
nah
pertama kita cek sehabis stroke up cc nya jadi brp......... misal kita
stroke up sedemikian rupa sehingga akhirnya jadi 55 mm brti naik 6.2
atau geser 3.1 mm itung deh
rpm max = (0.055m x 2 x 12000rpm) / 60min = 22 m/s
11500rpm = 21.08
11300rpm = 20.7 nah kira" sgini
lalu cc nya jadi? 6.2 * 6.2 * 5.5 *3.142 / 4 = 166cc
rumus cari karb
(0.166 * 11300)sqrt * konstanta [0.6 - 0.75] kita pake konstanta 0.65
brt
karb sesuai adalah 28.2 mm atau 28 mm lha abis stroke up aja masih 28?
kok ada satria normal pake pe28 tarikan maknyoes? yah pertama konstanta
bisa dibandingkan dengan kompresi mesin..... jadi kompresi mesin makin
tinggi pakainya makin bsar 0.75 msalnya...... tapi untuk harian itu 0.6 -
0.7 masih teranggap normal back to topic why? knp bs satria standar
ting boleh pake pe 28? coba kita itung tuh si belang
pertama ccnya = 147.35 cc
lalu rpm maksnya itu 12000 = 19.52 m/s
13000 = 21.15 m/s
12800 = 20.82 m/s nah ini lah kira kira
lalu kita cari venturinya
ketemu hasil 28.2............ lah sama aja????
padahal cc beda........ itu karenaaaa rumus venturi ada pengaruh pada
rpm mesin dan stroke up memendekan rpm mesin jadi cc naik tapi rpm turun
sama aja boong soooooooooo abis bore up dan ganti karburator lalu
rencana stroke up? ga perlu lagi tuh ganti karburator.......... paling
setting aja pilot main jetnya tqqqq
No comments:
Post a Comment