OtomotifWeb.com -
Berbagi pengalaman pribadi sebagai pengendara Minerva dan atas
permintaan seorang teman dari Team Sapu Ranjau Nusantara untuk mengulas
tentang penggantian gigi transmisi / gigi rasio Minerva dengan gigi
rasio Honda MegaPro. Sehingga saya kembali kebelakang untuk mengingat tentang penggantian gigi rasio dan modifikasi Minerva R 150 VX yang saya lakukan.
Kejadian Bermula ketika saya melakukan
modifikasi Minerva dengan ban dan velg lebar (swing arm standart), velg
ukuran 3,5 ring 17 ban ukuran 160/50. Dengan demikian memaksa saya untuk
memodifikasi final gear agar tidak bertabrakan dengan ban. Modifikasi
tersebut dengan cara membuat gir depan dan belakan agak geser ke kiri
agar tidak mentok dengan ban yang sangat lebar tersebut (modifikasi
Minerva menggunakan ban lebar 160/50 menggunakan swing arm standart akan
saya ulas di posting berikutnya).
Singkat cerita, modifikasi tersebut
membuat gir gepan modifikasi menjadi tidak normal (goyang) dan lama
kelamaan mulai merusak lubang as gir depan. Lebih parah lagi dikarenakan
kesibukan waktu itu membuat saya malas memperbaiki kondisi tersebut,
akhirnya ketika saya melakukan perjalanan pulang ke rumah sekitar pukul
01.00 as gir depan akhirnya ‘rampal’ juga.
Kemudian dipagi hari berikutnya saya
berinisiatif untuk mengelas ‘mati’ gir depan tersebut. Pengelasan
tersebut menggunakan las kuningan yang ditambah lagi dengan las listrik.
Tetapi tukang lasnya berpesan kalau pengelasan tersebut tidak akan
bertahan lama. Dan benar saja, di hari berikutnya ketika melakukan
perjalanan ke Surabaya sekitar pukul 13.00 as gir tersebut ‘rampal’
lagi. Dan mengharuskan saya menuntun motor sekitar 2,5KM. Dengan
panasnya suhu di Surabaya, dapat anda bayangkan betapa menderitanya saya
^_^ .
Setelah bertemu sebuah bengkel saya
mengusulkan untuk mengelas dan kemudian membubut as gir tersebut untuk
dudukan gir depan, sehingga memaksa saya melakukan ‘turun mesin’.
Singkat cerita modifikasi tersebut pun tidak bertahan lama (5 hari). Dan
lebih parahnya ketika saya berkendara dengan kecepatan sekitar
70KM/jam, gir depan pun lepas dan memecahkan tutup rantai. Motorpun
berhenti mendadak dikarenakan rantai yang terjepit diantara swing arm
dan teromol belakang. Kejadian tersebut hampir mencelakakan saya.
Dengan berbagai pengalaman yang sangat menyakitkan tersebut, saya ingin melakukan penggantian pada as gir depan dengan merek Honda.
Dikarenakan sangat sulit untuk mencari penjual as gir depan motor
Jepang tersebut, akhirnya saya memesan pada bengkel kepercayaan untuk
menebus gigi transmisi / full set gir rasio Honda New MegaPro original
kondisi 95%.
Gigi transmisi full set tersebut terdiri dari poros utama (main shaft/input shaft), poros luar (output shaft/ counter shaft), selector pin retaining plate/stopper, selector
drum/botol pemutar, roda gigi geser, roda gigi bebas, roda gigi mati.
Perubahan tersebut tidak mengubah ruang gearbox, tetapi ada sedikit
perbedaan antara panjang selector drum Minerva R150VX dengan selector
drum new Mega Pro. Selector drum Minerva yang panjang berfungsi sebagai
tuas untuk menyalakan lampu ‘netral’ yang terdapat pada dashboard.
Saran: dikarenakan gasket gearbox
Minerva R 150 SE maupun Minerva R 150 VX tergolong langka, saya sarankan
untuk memesan terlebih dahulu di dealer atau service center
minerva di kota Anda sebelum melakukan turun mesin. Apabila sudah
sangat terpaksa, bisa menggunakan gasket dari kertas TBA firefly, meski
tidak menjamin kekuatannya. Tetapi saya pribadi menggunakan kertas TBA
pada gearbox tengah dan samping tanpa ada kebocoran oli selama sekitar
satu tahun ini. Akhir kata apabila ada yang ingin Anda tanyakan,
silahkan menuliskan pertanyaan atau saran Anda pada kolom komentar di
bawah postingan ini. Baik tentang postingan ini maupun tentang
modifikasi Minerva. Saya akan menjawab dengan senang hati. Salam
Unlimited Brotherhood…!!!
mas , cara bikin gigi minerva biar gampang dinetralin tu gimana ya? punyaku minerva 150 se
ReplyDeleteGanti kampas kopling, nap kopling sama per koplingnya.
Deletebisa juga sih tp sering saya d kmplain stlah pngantian itu mknnya saya sering suruh gnti rasio sekalian biar larinya joss juga
DeleteVelg tapak lebar yg ukuran 4,5in buat minerva model cbr tlong sms 087729855006
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleter150vx pake velg tapak lebar basic punya motor apa ? makasih
ReplyDeleteklo spek mesin stndart mnding cri veleg yg dr alumunium aja biar gk keberatan larinya gan
DeleteMas kalau udah di ganti kampas kopling sama per kopling tdr tapi msih meraung tapi motornya tidak lari di apain ya mas. ?
ReplyDeletekelemahan minerva verssi cbr ada di gear rasionya mas yg kurang close jd saya sering lebih ke upgrade rasio sekalian di balence as kruknya krn terlalu ringan askruknya sering melintir juga klau ganti rasio tnp ganti as kruk dan kbnyakan yg saya ganti pkek pny gl atau mp tergantung selera mreka yg pny kndaraan
DeleteGigi tiga rasanya gak enak itu gimana ya...minerva 150
ReplyDeletemnding mnta ke tukang bubut biar gear rasionya di buat model agak kerucut om biar pas pindah gear nya lbih enk biar gk sering kndala ngelag kyag yg anda rasakn
DeleteSaya mau cri engkol minerba vx,tetapi tidak ada.klu persamaannnya engkol minerva yg cocok pake engkol kereta apa ya
ReplyDelete