Pages

Friday 7 March 2014

cara mengganti gear rasio minerva 150

Minerva Modif Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / Rasio
OtomotifWeb.com - Berbagi pengalaman pribadi sebagai pengendara Minerva dan atas permintaan seorang teman dari Team Sapu Ranjau Nusantara untuk mengulas tentang penggantian gigi transmisi / gigi rasio Minerva dengan gigi rasio Honda MegaPro. Sehingga saya kembali kebelakang untuk mengingat tentang penggantian gigi rasio dan modifikasi Minerva R 150 VX yang saya lakukan.
Kejadian Bermula ketika saya melakukan modifikasi Minerva dengan ban dan velg lebar (swing arm standart), velg ukuran 3,5 ring 17 ban ukuran 160/50. Dengan demikian memaksa saya untuk memodifikasi final gear agar tidak bertabrakan dengan ban. Modifikasi tersebut dengan cara membuat gir depan dan belakan agak geser ke kiri agar tidak mentok dengan ban yang sangat lebar tersebut (modifikasi Minerva menggunakan ban lebar 160/50 menggunakan swing arm standart akan saya ulas di posting berikutnya).
Singkat cerita, modifikasi tersebut membuat gir gepan modifikasi menjadi tidak normal (goyang) dan lama kelamaan mulai merusak lubang as gir depan. Lebih parah lagi dikarenakan kesibukan waktu itu membuat saya malas memperbaiki kondisi tersebut, akhirnya ketika saya melakukan perjalanan pulang ke rumah sekitar pukul 01.00 as gir depan akhirnya ‘rampal’ juga.
As Gear Depan Minerva R 150 VX 1024x682 Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / RasioAs Gir Depan Minerva R 150 VX yang Rampal
Kemudian dipagi hari berikutnya saya berinisiatif untuk mengelas ‘mati’ gir depan tersebut. Pengelasan tersebut menggunakan las kuningan yang ditambah lagi dengan las listrik. Tetapi tukang lasnya berpesan kalau pengelasan tersebut tidak akan bertahan lama. Dan benar saja, di hari berikutnya ketika melakukan perjalanan ke Surabaya sekitar pukul 13.00 as gir tersebut ‘rampal’ lagi. Dan mengharuskan saya menuntun motor sekitar 2,5KM. Dengan panasnya suhu di Surabaya, dapat anda bayangkan betapa menderitanya saya ^_^ .
Gir Rasio Minerva R 150 VX 1024x682 Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / RasioGigi Transmisi Minerva R 150 VX
Setelah bertemu sebuah bengkel saya mengusulkan untuk mengelas dan kemudian membubut as gir tersebut untuk dudukan gir depan, sehingga memaksa saya melakukan ‘turun mesin’. Singkat cerita modifikasi tersebut pun tidak bertahan lama (5 hari). Dan lebih parahnya ketika saya berkendara dengan kecepatan sekitar 70KM/jam,  gir depan pun lepas dan memecahkan tutup rantai. Motorpun berhenti mendadak dikarenakan rantai yang terjepit diantara swing arm dan teromol belakang. Kejadian tersebut hampir mencelakakan saya.
Tutup Rantai Pecah 682x1024 Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / RasioTutup Rantai Minerva R 150 VX yang Pecah
Dengan berbagai pengalaman yang sangat menyakitkan tersebut, saya ingin melakukan penggantian pada as gir depan dengan merek Honda. Dikarenakan sangat sulit untuk mencari penjual as gir depan motor Jepang tersebut, akhirnya saya memesan pada bengkel kepercayaan untuk menebus gigi transmisi / full set gir rasio  Honda New MegaPro original kondisi 95%.
Gir Rasio New Mega Pro Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / RasioGigi Transmisi New MegaPro
Gigi transmisi full set tersebut terdiri dari poros utama (main shaft/input shaft), poros luar (output shaft/ counter shaft), selector pin retaining plate/stopper,  selector drum/botol pemutar, roda gigi geser,  roda gigi bebas, roda gigi mati. Perubahan tersebut tidak mengubah ruang gearbox, tetapi ada sedikit perbedaan antara panjang selector drum Minerva R150VX dengan selector drum new Mega Pro. Selector drum Minerva yang panjang berfungsi sebagai tuas untuk menyalakan lampu ‘netral’ yang terdapat pada dashboard.
Selector Drumb Minerva dan Mega Pro 1024x682 Modifikasi Minerva   Penggantian Gigi Transmisi / RasioSelector Drumb Minerva R 150VX dan New MegaPro
Saran: dikarenakan gasket gearbox Minerva R 150 SE maupun Minerva R 150 VX tergolong langka, saya sarankan untuk memesan terlebih dahulu di dealer atau service center minerva di kota Anda sebelum melakukan turun mesin. Apabila sudah sangat terpaksa, bisa menggunakan gasket dari kertas TBA firefly, meski tidak menjamin kekuatannya. Tetapi saya pribadi menggunakan kertas TBA pada gearbox tengah dan samping tanpa ada kebocoran oli selama sekitar satu tahun ini. Akhir kata apabila ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan menuliskan pertanyaan atau saran Anda pada kolom komentar di bawah postingan ini. Baik tentang postingan ini maupun tentang modifikasi Minerva. Saya akan menjawab dengan senang hati. Salam Unlimited Brotherhood…!!!

12 comments:

  1. mas , cara bikin gigi minerva biar gampang dinetralin tu gimana ya? punyaku minerva 150 se

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti kampas kopling, nap kopling sama per koplingnya.

      Delete
    2. bisa juga sih tp sering saya d kmplain stlah pngantian itu mknnya saya sering suruh gnti rasio sekalian biar larinya joss juga

      Delete
  2. Velg tapak lebar yg ukuran 4,5in buat minerva model cbr tlong sms 087729855006

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. r150vx pake velg tapak lebar basic punya motor apa ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo spek mesin stndart mnding cri veleg yg dr alumunium aja biar gk keberatan larinya gan

      Delete
  5. Mas kalau udah di ganti kampas kopling sama per kopling tdr tapi msih meraung tapi motornya tidak lari di apain ya mas. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelemahan minerva verssi cbr ada di gear rasionya mas yg kurang close jd saya sering lebih ke upgrade rasio sekalian di balence as kruknya krn terlalu ringan askruknya sering melintir juga klau ganti rasio tnp ganti as kruk dan kbnyakan yg saya ganti pkek pny gl atau mp tergantung selera mreka yg pny kndaraan

      Delete
  6. Gigi tiga rasanya gak enak itu gimana ya...minerva 150

    ReplyDelete
    Replies
    1. mnding mnta ke tukang bubut biar gear rasionya di buat model agak kerucut om biar pas pindah gear nya lbih enk biar gk sering kndala ngelag kyag yg anda rasakn

      Delete
  7. Saya mau cri engkol minerba vx,tetapi tidak ada.klu persamaannnya engkol minerva yg cocok pake engkol kereta apa ya

    ReplyDelete