Pages

Tuesday, 4 March 2014

stroke up honda c- seris

apa itu stroke up??

Stroke Up artinya menaikan langkah piston. Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi.

Banyak orang yang salah persepsi, mengganti stang piston lebih panjang maka akan menaikkan stroke. padahal, sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah.

ada 3 cara stroke up.

cara pertama yaitu dengan menggeser (big end) ke arah luar.





menggeser big end dengan cara menggeser big end harus memerkukan tukang bubut yang ahli.
jika lubang kiri kanan tidak sejajar maka yang terjadi malah getar luarbiasa,,
biaya geser berkisar 100- 375 ribu.
cara ini memerlukan ORANG YANG BENAR2 AHLI. mengingat resiko getar sangat besar.


cara kedua yaitu dengan menggunakan pen stoke..
liat tuh gambar pen strokenya.. tanpa menggeser lobang big end pada kruk as, pen nya yang geser keluar..

haraga pen stroke CLD 245rb
merek2 yang lain saya kurang tau.. coba cari dari google ya? tar saya di kasih tahu..

cara ketiga yaitu dengan mengganti kruk.as dengan kruk.as motor lain yang strokenya lebih besar.
ini memungkinkan stroke honda win naik banyak. tapi masalah utama yang timbul yaitu kruk.as mentok di batang pompa oli win yang melintang di depan kruk.as, sehingga perlu calter pompa oli kanan mocin.

misal :
1. pakek kruk.as mocin stroke 55mm, stroke honda win cuman 49,5mm doang.. kruk as ini sangat sederhana pemasanganya.. ganti cancrease pompa oli kanan mocin.




 
kalo mau hemat tidak usah beli cancrease pompa oli kanan mocin. cukup batang pompa oli bawaan honda win di kurangi ketebalanya 1,5mm.
harga kruk.as antara 150-350rb. di grosiran impor dari sononya cuman 200rb dah komplit sama laker2nya.
harga calter beserta pompa oli kanannya 150-350rb juga. harga dari sononya juga 200rb.
sekarang barang baru dari importirnya langka.. sehingga barang bekaspun mahal harganya..



2. pakek kruk.as blade. stroke 55mm. cara ini butuh penyesuaian di stik kanan kiri yang di sesuaikan stik honda win. harga kruk.as asli bekas mulus 350rb. biaya penyesuaianya 150-250rb. pompa oli kanan atau bubut batang 1,5mm. material kruk as ini lebih awet daripada kruk.as cina.
dalam penyesuaian sebaiknya laker kruk.as menggunakan 6205 agar stik kruk.as awet. apabila menggunakan 6304 di sinyalir batang kruk.as akan terbabat telalu kecil, kalau motor buat gaspoll mulu bisa patah tuh stik kruk.asnya.
penggantian bearing tidak merubah kalter.. diameter luar bearing sama, diamater delam lebih besar 6205.

3. pakek kruk.as kharisma/ supra 125, vega ZR. stroke 57,9. cara ini butuh penyesuaian di stik kanan kiri yang di sesuaikan stik honda win. harga kruk.as asli bekas mulus kharisma/supra 125 kisaran 400an, vega zr 350rb. biaya penyesuaianya 150-250rb. pompa oli kanan wajib hukumnya.. mengingat diameter kruk.as yang sangat lebar.
diamater kruk.as supra 125 98mm, cuma bubut cawuk.an oli cancrease dikit. diamater kruk.as vega zr 103mm ternyata harus di kecilin jadi 101mm agar tidak nabrak rasio gigi ke 4 honda win. bubut cawuk.an oli cancrease juga, tapi jangan di babat habis.


 hitungan cc
1. kruk.as standart win 49,5mm piston standart win 50mm = 3.14x 50x50 x 49.5 /4 = 97cc
2. kruk.as win stroke 2mm 49,5+ (2x2)= 53,5mm piston standart win 50mm = 3.14x 50x50 x 53.5 /4 = 105cc
3. kruk.as 55mm(blade/mocin) piston standart win 50mm = 3.14 x 50x50 x 55 /4 = 108cc
4. kruk.as 57,9mm( kharisma/supra 125/ vega zr) piston standart win 50mm = 3.14 x 50x50 x57,9 /4= 114cc

saya selaku penulis menyarankan bore up terlebih dahulu, baru stroke up..
bore up biaya jauh lebih murah dari pada stroke up.
setelah bore up, barulah kita padukan bore up dan stroke up untuk menghasilkan cc yang besar.

projek sementara win saya stroke 57,9(kruk.as vega zr) bore 54( piston kaze os 100) menghasilkan 132,5cc
bore up belum maksimal, pengen piston 58 (152cc) wow.... tapi motor tiap minggunya buat luar kota, takut ambyar om.. maklum anak kuliahan, uangnya ndak seberapa.. kasian ortu juga kalo minta ini itu.. (malah curhat) wkwkwk
pertimbangan lain
stroke up 2mm tidak merubah batang pompa oli, paking tambah 1mm  kompresi meningkat lumayan..
stroke up 3mm stang piston c70 bubut batang pompa atau pompa kanan paking standar.
kruk.as  55, stang win blok kop supra vit. rante kenteng timing supra fit/legenda. bubut batang pompa atau pompa kanan paking standar.atau stang legenda blok.kop mocin.
kruk.as 57,9 kharisma stang win blok.kop mocin 78mm. pompa oli kanan.
kruk.as 57,5 vega zr blok.kop supra fit/legenda. pompa oli kanan.
panjang stang vega zr 93,5, big end
panjang stang win 94
panjang stang legenda 97
panjang stang kharisma 100
terima saran masukan komen, untuk perbaikan blog.. hehe

38 comments:

  1. Saya suka dengan cara mas memperincinya tapi knapa gak di rinci sekalian mas sama noken as,per klep dan lubang intek sama exhous nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kerjaan saya bnyak jadi saya jarang sempet untuk bukak blog sekedar bales pertnyaan masing2 orang

      Delete
    2. oh iya bng, emng pin stoke blade sama ukuran nya ama pin stoke win bng, tolong di jelas kan ya bng
      pemula bng hehehe

      Delete


  2. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-kardiomiopati/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ganti stangnya doang gimana kak? Dan apa aja yang harus di rubah

      Delete
  3. Info yang sangat bagus untuk nambah ilmu,mas mau tanya kalau pake kruk as Supra 125,stang Supra 125 blok Garuda panjang 78, diameter buring dalam 52,supaya tidak nambah packing blok yang tebal harus pake piston apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo boringnya 52 mending pkek jupi krn dom.nya lebih pendek juga pistonnya lebih pndek jadi gaya geseknya rendah tp kalau di buat harian mending saya sarankan pkek piston merek fim yg ada teflon hitam di badan pistonya krn aman buat harian juga enk untuk spek roadrace

      Delete
  4. Klo pke struk moci 55 blok mocin kopny bisa pake honda grand gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kalo kopnya saja tp kurang maksimal kalau untuk jarak jauh krn bahan cop grand yg besi lebih lama melepas panasnya dr kompresi kndaraan kalau pngen awet mnding d pkek kop.nya supra fit yg 2002 karena materialnya dr cmpuran almini dan diral gk kyg yg 2004 kbnyakan kualitas alummuniumnya jelek saya sempat pecah waktu riset supra

      Delete
    2. Nambahin lur... Kalo pake kop grand harus ganti gigi timing soalnya gigi timing bandul mocin 16 mata jadi di kop harus 32 mata kalo nggak ganti gigi timing bandul pake bawaan grand nya

      Delete
  5. Mas kompresi yang didapat berapa ya? Naik atau turun mas?

    ReplyDelete
  6. mas lok grend ,krek as karisma, setang grend, big pen naik 2mm,blok kop pas pakai apa ya biyar selembaran ,dan keteng yg pas ap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak referensinya di youtube juga🙏🏻🙏🏻

      Delete
  7. Bang mau nanya kalau apakah mocin cc 125 itu kruk asnya sma kah 55mm,?��soalnya punya ane sudah di bore up piston shogun 110 ov 100 jadi ingin tau ccnya

    ReplyDelete
  8. Mantap suhu,
    Kebetulan mau modif Honda win.
    lengkap informasinya, jadi gak kebanyakan riset.

    ReplyDelete
  9. Mas astreaku, hbs rombak kemarin...
    Over size 100,
    Seher karisma ori,
    Pasang kopling ganda,
    Tp yg lain g di apa2in.....kurang mantep enaknya di apain lg minta saran???

    ReplyDelete
  10. Mas kalau untuk Astrea star di buat stroke up 3 mm aman nggak buat touring?
    Itu perlu ngerubah apa aja ya?
    As pompa oli harus dibubut sama kepras seher nggak ya mas soalnya pake seher Kaze
    Untuk stang sehernya pake standar nya Astrea apa pake stang C70 yaa ?

    Matur nuwun mass

    ReplyDelete
  11. bearing askruk pake punya apa kalau pake askruk vega zr?

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya kalo blok silinder 85cm* mentok di linear berapa yah?

    ReplyDelete
  13. Kalau grand stroke 5mm buringnya pake apa kak biar packing tidak ketebalan..
    Dan apa aja yg harus di rubah?

    ReplyDelete
  14. Stang seher garuda 108cc sama dengan blade ya mas?

    ReplyDelete
  15. Kalau mau pasang kruk as karisma crankcase pompa oli kanan punya mocin masih perlu di bubut gak bang?block boring garuda 108 cm mau skalian ganti liner karisma 58/jupiter z 59mm supaya boring tetep adem dan gk gampang overheat meski piston 54/55 mm dengan stroke 57 kalau saya hitung ccnya 0.785x54x55x57.9:1=132 di bulatin 135cc buat harian masih aman apa gk bang? Cuma saya masih bingung dengan headnya bang mau pake klep 28-24 tanpa sudut model ambles aman kah?/pasang punya mocin juga

    ReplyDelete
  16. Cara bedain ker as bangau 110 cc demgan 125 cc gimana ya bang?

    ReplyDelete
  17. Maav mas mu tanya aja klo mesin punya grand tapi salah oasang stang legenda apa yang harus di ganti mas klo ganti kamrat punyanya legenda bisa ta mas

    ReplyDelete
  18. Maaf mas mau tanya kalo motor grand saya pengen bor x strok 62.0 x 62.0
    Dan kompresi ratio 12,1:1 harus ganti pake apa aja ya?

    ReplyDelete
  19. Bang saya punya 2 mesin
    Win sama karisma
    Rencana saya mau bor up yg win..
    Pake kruk as set borhed karisma..
    Kira kira apa yg harus di rubah dari segi krengkes???

    ReplyDelete
  20. Klo d naikin 1 atau 2 mil pake bambu seher. Seher klep std bisa ngk..
    Cuman noken di kostum bisa ngk apa pengaruh kelebihan nyah

    ReplyDelete
  21. Gan saya mau pasang blok kharisma di c series apa aja yang harus di ganti

    ReplyDelete
  22. Gan saya mau pasang blok kharisma di c series apa aja yang harus di ganti

    ReplyDelete
  23. Mas kalo pake Kris as kharisma buring kop legenda harus pake stang seher punya apa ya biar paking tetep standat

    ReplyDelete
  24. Kalau stroke di naikkan,apakah timing pengapian tidak berpengaruh?
    Mohon penjelasannya min!.

    ReplyDelete
  25. Kalau stroke di naikkan,apakah timing pengapian tidak berpengaruh?
    Mohon penjelasannya min!.

    ReplyDelete
  26. Kalau stroke di naikkan,apakah timing pengapian tidak berpengaruh?
    Mohon penjelasannya min!.

    ReplyDelete
  27. Kalo astrea pake bandul karisma enak nya pake tusuk sate apa mas

    ReplyDelete
  28. Mas punya saya seker 56 mas enaknya naikin struk brapa ya gan maav pemula gan

    ReplyDelete
  29. mas mau nanya askruk karisma blok kop garuda 125 itu stang pakek bawaan karisma apa ganti yang lain biar pas gak nongol piston nya dan gak mendem piston nya

    ReplyDelete
  30. Sangat bermanfaat mas....artikelnya

    ReplyDelete