Pages

Saturday 25 January 2014

Ikan Cucut Di Perairan Delegan Kab. Gresik Jawa Timur

artikel kali ini saya akan membahas keberangkatan Team DKB Fishing Club ke daerah pesisir pantai Delegan-kab. Gresik. Sekalian unutk menutup tahun 2012 dengan kegiatan memancing sambil berkunjung ke salah satu spot mancing yang sudah lama tidak kami kunjungi. Kami berangkat hanya dengan 5 personil DKB Fish Club yaitu Bpk. Ribut Mulyadi; Bung Tolep, Cak Hermanto, Bung Pentol, dan saya tentunya. Namun walaupun demikian, tidak menyurutkan semangat kami untuk kegiatan memancing dengan target ikan tenggiri dan juga ikan barracuda. Ok langsung saja saya mulai berbagi cerita maupun pengalaman saya bersama DKB Fish Club kali ini.

Waktu sudah menunjukkan pkl. 23.00. Dan tak lupa kami check ulang kembali peralatan dan juga perlengkapan kita untuk melaut kali ini. Setelah kami rasa sudah cukup dan siap, maka kami mulai perjalanan menuju kapal salah seorang nelayan yang sudah kita sewa (booking) untuk keberangkatan memancing kami.  Dan karena keberangkatan kita yang terlalu awal, maka sesampai di pesisir pantai delegan kita belum bisa menjumpai nelayan yang sudah janjian ketemu di pantai delegan tersebut. Akhirnya kami putuskan untuk memancing di muara maupun di daerah pinggir pantai. Toh gak ada salahnya sambil menunggu nelayan datang sambil mencari "ikan tambahan". Dan ketika adzan shubuh berkumandang datanglah Pakdhe (nama panggilan nelayan tsb.) dengan membawa 2 jerigen solar dan 1box berisi udang hidup yang kita jadikan sebagai umpan nanti untuk dibawa ke kapalnya. Dan setelah shalat shubuh didirikan dan doa bersama telah kita kumandangkan maka kita putuskan untuk berangkat menuju spot-spot terbaik di daerah tersebut.

Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan samapilah kita di titik spot pertama. Dan tidak menunggu waktu lama,
kami pun memulai untuk mengayunkan joran sambil melemparkan umpan yang telah kita persiapkan tadi. Dan karena arusnya yang lumayan deras, maka jarang sekali ada reaksi dari ikan - ikan predator target utama kami. Lalu sekitar kurang lebih 1 jam hanya ada reaksi beberapa ikan kerapu yang berukuran sedang, kami putuskan untuk pindah lokasi titik spot untuk berburu ikan target utama kami.

Setelah kurang lebih setengah jam perjalanan dari lokasi spot pertama tadi, akhirnya perjalanan kami sampai juga di titik spot yang kedua. Dan disitu kami mencoba peruntungan kami kembali. Ternyata setelah 1 jam kami mencoba, namun ikan target utama kami masih belum ada yang menghampiri di kapal kami. kemudian kami putuskan untuk pindah ke titik spot selanjutnya.

Kurang lebih setengah jam perjalanan dari titik spot yang ke 2, akhirnya sampai juga di titik spot mancing favorit kami. Yaitu spot mancing yang dimana terdapat sebuah kapal yang pernah kandas (kerem) disitu. Dan perburuan pun kami mulai kembali dengan harapan yang sama pula. Tidak lama kemudian, Harapan kami pun terwujud saat joran Bapak Ribut Mulyadi (salah satu senior DKB Fish Club) melengkung dengan kerasnya. Dan ternyata sambaran dari ikan Cucut yang saya ketahui saat ikan tersebut memberikan perlawanan dengan cara melompat tinggi ke atas permukaan air laut. Setelah kurang lebih 5 menit, perlawanan ikan pun terhenti saat ikan sudah berada dekat di kapal kami.

Tak terasa sinar matahari sudah hampir berada pada sudut 45 detajat dari lokasi kita memancing. Itu menandakan matahari sudah hampir tenggelam dan waktu kita untuk mengkhiri perburuan ikan kita kali ini. kami pun bergegas kembali menuju pantai. Dengan rasa puas dan mendapatkan hasil ikan yang tidak cukup buruk diantaranya beberapa ikan kerapu, ikan tompel, ikan baronang, dan juga ikan cucut lalu kami kembali menuju pulang (basecamp DKB Fish Club) untuk meeting kembali tentang target lokasi macing berikutnya beserta pembagian hasil ikan tangkapan kami.

Saya kira sudah cukup dulu yach para blogger dan fisher sekalian. Apabila ada kritik dan saran, don't hestiate for coment. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Salam Strike....