OTOMOTIFNET - Desain seperti
Honda CBR 150, membuat Minerva 150R banyak yang kepincut. Tetapi
bedanya, penunggang motor asal Cina ini masih banyak yang ragu soal
ngutak-ngatik mesin agar performanya meningkat.
Sebenarnya, tak perlu iri dengan pengguna CBR, karena Minerva pun ternyata bisa digarap agar lebih ngacir. “Basis mesin sama dengan Honda GL Pro,” tukas Abdullah dari bengkel Ex Gadean, di kawasan Ulujami, Jaksel.
Ex Gadean
Menurut Bedul, panggilan Abdullah, secara garis besar Minerva 150R punya rancangan mirip Honda GL, bahkan CB. “Seperti yang terlihat pada tunggangan teman-teman pengguna Minerva di bengkel ini,” ujarnya.
Seperti umumnya besutan 4-Tak, modifikasinya tentu tak terpaut jauh dibanding yang lain. Bisa korekan harian atau agak ekstrem seperti bore-up, dengan mengganti piston lebih besar.
Untuk harian, Bedul menyarankan porting & polish dan setting saja, “Biayanya sekitar Rp 150 ribu,” tuturnya. Tentu sudah termasuk jetting karbu. Lama pengerjaan agak relatif di bengkel ini. “Tergantung kondisi pasien,” candanya, kalau sedang numpuk, bisa 4 hari, tapi jika sedang kosong, cukup 2 hari.
Sementara soal bore-up, pengerjaan seperti di GL Pro. Bisa pakai piston Tiger beserta boring-nya. Dananya cukup Rp 700 ribu. Beda jika mencakup utak-atik kepala silinder, seperti ganti klep, per klep serta ubah sudut klep dan lainnya, dikenakan biaya Rp 1,5 juta.
Ada juga paket lain, “Misal paket head Tiger plus bloknya,” kata Bedul. Head berikut isinya Rp 900 ribu, lantas blok Rp 250 ribu.
Sebenarnya, tak perlu iri dengan pengguna CBR, karena Minerva pun ternyata bisa digarap agar lebih ngacir. “Basis mesin sama dengan Honda GL Pro,” tukas Abdullah dari bengkel Ex Gadean, di kawasan Ulujami, Jaksel.
Ex Gadean
Menurut Bedul, panggilan Abdullah, secara garis besar Minerva 150R punya rancangan mirip Honda GL, bahkan CB. “Seperti yang terlihat pada tunggangan teman-teman pengguna Minerva di bengkel ini,” ujarnya.
Seperti umumnya besutan 4-Tak, modifikasinya tentu tak terpaut jauh dibanding yang lain. Bisa korekan harian atau agak ekstrem seperti bore-up, dengan mengganti piston lebih besar.
Untuk harian, Bedul menyarankan porting & polish dan setting saja, “Biayanya sekitar Rp 150 ribu,” tuturnya. Tentu sudah termasuk jetting karbu. Lama pengerjaan agak relatif di bengkel ini. “Tergantung kondisi pasien,” candanya, kalau sedang numpuk, bisa 4 hari, tapi jika sedang kosong, cukup 2 hari.
Sementara soal bore-up, pengerjaan seperti di GL Pro. Bisa pakai piston Tiger beserta boring-nya. Dananya cukup Rp 700 ribu. Beda jika mencakup utak-atik kepala silinder, seperti ganti klep, per klep serta ubah sudut klep dan lainnya, dikenakan biaya Rp 1,5 juta.
Ada juga paket lain, “Misal paket head Tiger plus bloknya,” kata Bedul. Head berikut isinya Rp 900 ribu, lantas blok Rp 250 ribu.
Piston Tiger bisa jadi pilihan bore-up |
Kem, pengerjaan seperti Umumnya tunggangan 4-tak |
G Motor
Bengkel di Jl. P.U Pengairan, No.37, Pd Ranji, Bintaro Sektor 2, Jaksel ini punya paketan seharga Rp 1,5 jutaan. Dengan budget segitu, Ari Widianto, bos plus mekanik G Motor kasih paket kohar alias korek harian.
“Untuk kohar, knalpot standar cukup dibobok dan beberapa sentuhan di bagian mesin seperti porting & polish. Selain itu, karburator bawaan motor di-reamer dan setting ulang pilot dan main jet,” jelasnya.
Simpel? Gak juga! Sebab agar lebih maksimal, kepala silinder juga kena rombak. “Dibubut agar kompresi naik, juga sudut squish dirombak menyesuaikan sudut bibir piston,” tambahnya.
Waktu penggarapan dipatok 4-7 hari. “Mengingat minim pemasangan part racing PNP, jadi waktu kerja juga tergantung sama bengkel bubut,” tutup mekanik biasa disapa Gepeng.
Jadi tak perlu ragu memodifikasi Minerva, bukan?
Bengkel di Jl. P.U Pengairan, No.37, Pd Ranji, Bintaro Sektor 2, Jaksel ini punya paketan seharga Rp 1,5 jutaan. Dengan budget segitu, Ari Widianto, bos plus mekanik G Motor kasih paket kohar alias korek harian.
“Untuk kohar, knalpot standar cukup dibobok dan beberapa sentuhan di bagian mesin seperti porting & polish. Selain itu, karburator bawaan motor di-reamer dan setting ulang pilot dan main jet,” jelasnya.
Simpel? Gak juga! Sebab agar lebih maksimal, kepala silinder juga kena rombak. “Dibubut agar kompresi naik, juga sudut squish dirombak menyesuaikan sudut bibir piston,” tambahnya.
Waktu penggarapan dipatok 4-7 hari. “Mengingat minim pemasangan part racing PNP, jadi waktu kerja juga tergantung sama bengkel bubut,” tutup mekanik biasa disapa Gepeng.
Jadi tak perlu ragu memodifikasi Minerva, bukan?
Paket ala EX Gadean |
|
Porting & polish + jetting |
150 ribu |
Paket bore up piston tiger |
700 ribu |
paket bore up + seting klep |
1,5 juta |
paket head Tiger |
900 ribu |
Blok Tiger |
250 ribu |
Ex Gadean |
021-99661980 |
Paket ala G Motor |
|
Ongkos bubut |
300-500 ribu |
Ongkos kerja & setting |
500 ribu |
Bobok Knalpot |
150-200 ribu |
Piston + Ring + Pin |
155 ribu |
Total | 1,5 juta |
G Motor: | 021-93858032 |
No comments:
Post a Comment